Fukumeru

FUKUMERU

Rabu, 30 Desember 2015

MAULID NABI

 Maulid Nabi SAW adalah suatu peringatan kelahiran nabi SAW. dikalangan kaum muslimin ada yang membolehkan dan ada yang melarang.


yang melarang berdalil karena hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat nabi, dan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap Rasulullah adalah dengan mengikuti sunnahnya. hal tersebut menjadikan mereka ditentang oleh kaum muslimin yang lain, bahkan ada sebagian yang mencela mereka. padahal mereka adalah orang yang sangat berhati-hati dalam urusan beragama, mereka tidak ingin terjerumus dalam hal-hal yg tidak di ridhoi ALLAH dan Rasulnya.

dan yang membolehkan berdalil bahwa hal tersebut adalah bentuk rasa cinta terhadap nabi SAW.

kita tidak bisa saling salah menyalahkan karena kedua-duanya mempunyai dalil masing2, dan keduanya tidak dilarang oleh rasulullah, dan tidak pernah ada hadits yang melarang maupun membolehkan.

Rasulullah SAW bersabda : Dari Anas r.a. ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak sempurna keimanan seseorang diantara kalian hingga ia lebih mencintai aku daripada kedua orangtuanya, anaknya, dan manusia semuanya."

Rasulullah SAW juga bersabda: Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)

memang benar jika kita mencintai Rasulullah maka kita sebisa mungkin mengikuti sunnah2nya. Cinta itu dapat terwujud jika kita telah mengenal Rasulullah.
lalu bagaimana cara agar kita dapat mengenal Rasulullah?
bagi orang yang berilmu tentu hal tersebut mudah bagi mereka, namun bagaimana dengan masyarakat awam dan generasi2 muda saat ini yang setiap hari mereka disuguhkan hal2 yang sifatnya duniawi sehingga mereka lebih cenderung untuk mencintai manusia2 lain selain Rasulullah.

dengan adanya acara maulid nabi SAW, disitu mereka bisa mengenal sosok Rasulullah SAW sehingga dapat timbul rasa cinta terhadapnya.disitu pula mereka dapat mengetahui cara bershalawat kepada Rasulullah SAW. Dan dengan adanya acara maulid nabi SAW diharapkan mereka menjadi semakin ingin mengenal dan mengetahui ajaran Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda. dalam setiap berkhutbah beliau mengucapkan : Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan (HR. Muslim no. 867)

Dalam Riwayat lain Rasulullah juga bersabda “(Wahai Rabb), sungguh mereka bagian dari pengikutku. Lalu Allah berfirman, ‘Sungguh engkau tidak tahu bahwa sepeninggalmu mereka telah mengganti ajaranmu”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Celaka, celaka bagi orang yang telah mengganti ajaranku sesudahku”(HR. Bukhari no. 7050).

Semoga ALLAH melindungi kita dari Bid'ah. dan insya ALLAH kita tidak akan pernah menganti ajaran Rasulullah. 
Maulid Nabi tidak menjadikan kita membuat sesuatu yang baru dalam urusan agama dan tidak juga membuat kita membuat ajaran baru.
karena maulid nabi hanyalah sebagai media kita untuk lebih mengenal sosok Rasulullah SAW sehingga dapat timbul rasa cinta kepada beliau, dan bukan suatu bentuk peribadatan kepada ALLAH SWT. sama halnya internet sebagai media untuk melakukan dakwah, dan hal tersebut tidaklah menyelisihi satupun ajaran dari Rasulullah SAW.

disini saya tidak ingin mempengaruhi saudara2 yang tidak membolehkan maulid nabi agar mereka membolehkan, karena saya juga lebih memilih mengikuti sunnah2 nabi dalam hal menunjukkan rasa cinta kepada beliau ketimbang melakukan acara maulid. saya hanya ingin agar kita lebih bertoleransi dan lebih memahami mereka agar tercipta persatuan dalam islam.


Tidak ada komentar: